Wednesday, October 29, 2008

Bahagia

(MP 28)

Seorang pria bergegas datang kepada seorang Guru, dengan memelas dia berkata: “Guru, saya sangat membutuhkan bantuan Guru, hampir gila rasanya diri ini. Kami hidup dalam satu kamar, isteriku, anak-anakku, mertuaku. Emosi kami selalu tegang, kami sering saling berteriak dan bertengkar, kamar itu seperti neraka!!”

Sejenak, dengan tenang sang Guru menatap wajah pria tadi dan kemudian berkata: “Engkau berjanji mau melakukan apa yang aku katakan?” Tanpa pikir panjang pria itu menyahut: “Saya bersumpah, apapun yang Guru perintahkan akan saya lakukan!”

“Bagus, apakah engkau juga punya binatang piaraan?” “Punya Guru, seekor lembu, dua ekor kambing dan enam ekor ayam.”

“Masukkan semua binatang itu kekamar bersamamu, lalu datanglah kemari seminggu lagi.” Pria itu tertegun, tetapi dia terlanjur berjanji melakukan apapun yang diperintah Gurunya. Maka dimasukkannya semua binatang itu ke kamarnya. Kemudian setelah seminggu dengan mengibakan dia mengeluh: ”Guru, syaraf saya hancur. Kotor! Bau! Gaduh! Kami semua hampir gila!”

“Sekarang pulanglah,” kata sang Guru, “keluarkanlah semua binatang itu dari kamarmu.”
Sambil berlari, pria itu bergegas pulang ke rumah. Hari berikutnya dia kembali dengan mata berbinar-binar. “Nyamannya hidup ini! Semua binatang sudah dikeluarkan, rumah menjadi seperti Firdaus, begitu tenang, bersih dan luas! Terimakasih Guru!

Ternyata, dengan mensyukuri apa yang kita punyai saat ini, kita bisa hidup bahagia.

----------

No comments: