Thursday, September 11, 2008

Anak Indigo

Dirangkum dari berbagai sumber (MP 16)

Kadang, sebagai penyembuh prana, ketika kita merawat seorang anak, akhirnya sampailah kita pada kesimpulan, berdasarkan temuan ketika mewawancarainya, tindak-tanduknya, maupun keadaan cakranya, bahwa ada pertanda kuat bahwa pasien kita ini menujukkan gejala awal autis. Kita sebaiknya jangan buru-buru menyimpulkan seperti itu, karena mungkin saja anak itu sebenarnya diberi karunia tertentu, menjadi anak indigo!

Apakah anak indigo itu?

Dalam MediaPrana kali ini, ada baiknya kita ketengahkan artikel mengenai Indigo Children atau anak indigo (anak nila), sebuah istilah yang mungkin baru sekarang ini dikenal oleh sebagian besar pembaca, anak indigo ini sebagian besar baru dilahirkan pada generasi saat ini. Apa selanjutnya?

Kita beruntung karena dapat menyaksikan sebuah evolusi berlangsung tepat dihadapan kita, karena sebagai orang tua, dokter, psikiater, peneliti, guru dan jurnalis diseluruh dunia mulai menyadari munculnya anak indigo ini. Konsep anak indigo ini dipopulerkan oleh Cynthia Sue Larson, Lee Carol dan Jan Tober melalui buku mereka “The Indigo Childrens: The New Kids Have Arrived.”

KENAPA INDIGO?

Warna ketiga, Indigo atau Nila terbentuk dari pertemuan warna violet (ungu) dan biru dalam spektrum warna, indigo adalah warna cakra ajna atau “mata ketiga” sebagian karena letaknya yang berada di depan kelenjar pineal dan di antara kedua alis, dan sebagian lagi karena ajna diasosiasikan dengan “penglihatan” paranormal dan kemampuan psikik - melihat melebihi kemampuan mata biasa (?), sedangkan biru merupakan warna transisi - “pintu menuju dunia yang lain” - indigo adalah dunia lain itu. Dia juga merupakan warna gabungan, yang menggabungkan yang “nampaknya” terpisah - norma yang tidak terhubung menjadi lengkap atau menyeluruh. Ini melalui kesadaran batin manusia sebagai “mengetahui” - tetapi bukan mengetahui bagaimana Anda saat ini saja.

Anak-anak Indigo adalah anak generasi masa kini yang dilahirkan saat ini dan sebagian besar baru berumur 12 tahun atau kurang. Mereka berbeda dari anak-anak yang lain. Mereka mempunyai ciri-ciri yang unik yang membedakan mereka dari anak-anak generasi sebelumnya, sebutan yang diberikan juga menandakan warna kehidupan yang disandang auranya. Mereka adalah anak-anak yang seringkali memberontak, tidak patuh pada norma-norma sosial dan adat-istiadat, sangat emosional dan kadang mempunyai fisik yang peka dan rapuh, sangat berbakat, sangat pandai dan juga dikaruniai bakat metafisika, biasanya intuitif, seringkali dicap ADD (Attention Deficit Disorder) karena mereka sulit memusatkan perhatian. Kalau tidak sangat empatik dan sangat berbelarasa, dia sangat dingin dan tidak berperasaan, dan bijaksana melebihi usianya. Apakah ciri ini mirip dengan diri Anda atau anak Anda?

Para indigo ini dilahirkan dengan berbagai tantangan yang sulit dikendalikan. Tingkat kepekaannya yang ekstrim sulit dipahami ataupun dihargai oleh orang tua yang tidak memiliki kecenderungan seperti ini. Anugerah bakat yang dimilikinya luar biasa dan sangat bernilai, ketidak patuhannya pada nilai-nilai sosial dan kedisiplinan membuat mereka memperoleh banyak kesulitan dalam menjalani masa kecilnya dan mungkin juga saat mereka dewasa nanti. Itu jugalah yang akan membantunya mencapai cita-citanya yang demikian tinggi seperti misalnya menjanjikan sebuah misi. Anak indigo adalah dia yang datang untuk meningkatkan getaran planet kita! Merekalah terutama yang akan membawa kita ke peningkatan pencerahan. Mungkinkah mereka dilahirkan untuk mempersiapkan datangnya zaman Aquarius? Ada kemungkinan besar anak Anda adalah seorang anak indigo kalau mereka dilahirkan setelah tahun 1992, sekitar 85% anak-anak yang mempunyai bakat psikik yang dilahirkan di tahun 1992, 90% lahir tahun 1994 dan sesudahnya dan 95% yang lahir saat ini adalah anak-anak indigo! Apakah ini berarti Anda pasti bukan indigo kalau Anda lahir sebelum 1992? Tidak! telah banyak dilaporkan bahwa anak indigo ini sudah ada sejak tahun 80-an, yang dimaksudkan di atas adalah dalam jumlah yang besar - diyakini kalau setiap tahun ada saja anak indigo yang dilahirkan, tetapi tidak dalam prosentase yang besar sampai sangat terasa kehadirannya dan terlihat keunikan mereka. Jadi ada kemungkinan Anda juga seorang indigo yang berumur 24 tahun ataupun 50 tahun.

Wency Chapman mendiskripsikan ciri-ciri anak indigo, berdasarkan apa yang dialaminya :

  1. Mereka ingin diperlakukan sebagai raja.
  2. Mereka merasa pantas berada di dunia ini.
  3. Mempunyai perasaan yang jelas mengenai dirinya
  4. Mempunyai masalah dengan disiplin dan otoritas.
  5. Seringkali menolak melakukan sesuatu yang disuruhkan padanya.
  6. Mengantri merupakan siksaan baginya.
  7. Mereka frustasi pada tata cara yang bersifat ritual yang hanya membutuhkan sedikit kreatifitas.
  8. Mempunyai cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, baik di rumah maupun di sekolah.
  9. Tidak patuh pada norma-norma sosial
  10. Menolak mengakui kesalahannya
  11. Cepat merasa bosan pada tugas yang harus dilakukannya
  12. Menunjukkan gejala ADD (Gangguan kurang dapat memusatkan perhatian)
  13. Sangat kreatif
  14. Memiliki intuisi yang tajam
  15. Mempunyai rasa empati terhadap orang lain
  16. Menunjukkan pemikiran abstrak sejak sangat dini
  17. Sangat cerdas
  18. Sangat berbakat (bisa dikatakan telah memperoleh karunia kemampuan psikik tertentu)
  19. Seringkali melamun
  20. Mempunyai pandangan mata yang dewasa, tajam dan bijaksana
  21. Mempunyai kecerdasan spiritual.

Sekarang mari kita bandingkan dengan kriteria anak berbakat dan kreatif yang dibuat oleh sebuah organisasi nasional nirlaba yang merangkul dan menolong anak-anak yang sangat berharga ini. Mereka mendaftar karakteristik berikut ini untuk membantu Anda mengidentifikasi apakan anak Anda berbakat:

  1. Punya kepekaan yang sangat tinggi.
  2. Punya energi yang berlebihan.
  3. Mudah merasa bosan, mempunyai rentang perhatian yang sempit.
  4. Butuh pendampingan orang dewasa yang stabil secara emosi agar dia merasa aman berada di dekatnya.
  5. Akan menentang otoritas kalau orientasinya tidak demokratis.
  6. Punya cara belajar favorit, terutama dibidang membaca dan matematika.
  7. Mudah frustrasi karena mereka biasanya memiliki gagasan yang besar, namun kurang memiliki rekan atau orang yang bisa membantu mereka mewujudkan gagasan itu sampai berhasil.
  8. Belajar dengan cara berekplorasi, menolak cara hafalan atau hanya sekedar menjadi pendengar.
  9. Tidak dapat duduk tenang kecuali kalau perhatiannya terserap pada hal yang sangat menarik perhatiannya.
  10. Kalau mengalami kegagalan dini, mereka mudah menyerah dan mengalami hambatan belajar secara permanen.

Karakteristik di atas nampaknya sama dengan karakteristik anak indigo, bukankah demikian? Namun yang jelas, anak indigo bukanlah anak bermasalah seperti yang dikirakan banyak orang!!

———-

No comments: