Thursday, March 12, 2009

Penawar Rasa Sedih


Oleh: Brian Cavanaugh, T.O.R., The Sower’s Seeds


Ada sebuah cerita China kuno yang mengisahkan tentang seorang wanita yang ditinggal mati anak satu-satunya. Dalam kesedihannya, dia menemui seorang yang dikenal sangat suci dan bertanya, “Doa macam apa, mantra jenis apa yang bapak miliki yang bisa menghidupkan anakku?”

Bukannya mengusirnya atau berdebat dengannya, dia berkata kepada wanita itu, “Coba carikan sebutir benih sawi yang berasal dari sebuah rumah yang tak pernah mengenal kesedihan. Kita akan menggunakannya untuk mengusir kesedihan dari kehidupanmu.”

Wanita itu segera pergi untuk mencari benih sawi ajaib itu. Mula-mula dia datang ke sebuah rumah mewah, mengetuk pintu, dan berkata, “Saya sedang mencari rumah yang tidak mengenal kesedihan. Apakah ini tempat yang tepat? Hal ini sangat penting bagiku.”

Mereka menjawab, “Kamu sudah pasti datang ketempat yang salah,” kata mereka sambil mengisahkan semua peristiwa tragis yang baru-bari ini menimpa mereka.

Wanita itu berkata pada dirinya sendiri, “Siapa lagi yang mampu menolong orang-orang malang ini, selain diriku yang telah mengalami sendiri kepedihan yang mendalam?” Maka dia tinggal sebentar untuk menghibur mereka, kemudian melanjutkan upaya mencari rumah yang tidak mengenal kesedihan. Namun ke manapun dia pergi, baik ke gubug atau ke rumah mewah, yang dia temukan selalu kisah-kisah sedih dan kemalangan. Dia jadi begitu terlibat dalam upaya menghibur kesedihan orang lain sampai akhirnya dia lupa tujuan utamanya mencari benih sawi ajaib itu, dia tidak pernah menyadari bahwa semua yang dilakukannya telah mengusir kesedihannya yang mendalam dari kehidupannya.

-----------

No comments: