Tuesday, September 16, 2008

Mobil Berbahan Bakar Air

SAYA MENGENDARAI MOBIL BERBAHAN BAKAR AIR

Oleh: Jeff Keto

Betul, Anda membaca judul di atas dengan benar, Saya menjalankan mobil dengan bahan bakar air. Yah, yang benar adalah saya menjalankan mobil dengan air dan bensin. Saya bosan dengan harga bensin yang terus naik dan memutuskan sekaranglah saatnya melakukan sesuatu. Saya sudah mendengar beberapa orang lain yang telah mengkonversi bahan bakar dengan air sejak beberapa tahun yang lalu, tetapi saya selalu berpikir bahwa itu hanya cocok bagi para mekanik yang terampil saja, karena dibutuhkan banyak perubahan pada mesin mobil.

Saya segera melakukan penelitian, yang ternyata tidak mudah, namun akhirnya ada orang yang menawarkan manual dalam bentuk e-book (buku yang bisa Anda download langsung secara on-line), yang memberikan instruksi secara rinci, bagaimana tepatnya cara melakukannya. Sebenarnya saya adalah orang kantoran, yang tidak punya minat terhadap mesin mobil, jadi yang saya perkirakan, saya akan menemukan proyek yang sulit dikerjakan yang kemungkinan akhirnya saya harus menggunakan jasa seorang mekanik untuk menyelesaikannya, dengan ongkos yang mungkin lebih dari 1000 dollar. Ternyata tidaklah demikian. Buku itu berharga $97,- Alatnya seharga $60,-. Saya hanya butuh waktu kira-kira satu jam untuk menyelesaikannya sendiri, tanpa bantuan orang lain.

Pada awalnya saya mulai dengan 6,5 km/liter berkendara dalam kota, menjadi lebih dari 13 km/liter. Suara mobil saya menjadi lebih pelan, tarikannya bertambah kuat dan secara menyeluruh terasa lebih baik. Kalau saya kehendaki, saya bisa mengembalikan sistemnya seperti semula dalam waktu kurang dari 5 menit. Tidak ada pengaruh terhadap garansi mobil, karena saya tidak merubah mesinnya. Yang saya lakukan hanyalah menambah komponen bahan bakar saja. Dan saya hanya membutuhkan satu liter air setiap beberapa ratus kilometer.

Bagaimana cara melakukan konversi itu?

Yah, mereka tidak memberi kesempatan untuk mencoba dan menjelaskan perangkat dan pemasangannya. Anda harus membeli manualnya terlebih dahulu, atau membayar saya untuk melakukan konversi itu. Saat ini sudah banyak orang mengantri untuk mengkonversi mobil mereka, nampaknya saya harus mempekerjakan dan melatih karyawan dan membuka beberapa bengkel untuk itu. Dengan demikian kita bisa mengembalikan harga minyak dan membersihkan lingkungan dengan lebih cepat.

Akan saya jelaskan bagaimana cara kerja sistem ini. Walau nampaknya tidak mungkin menjalankan mobil Anda dengan hidrogen dan bensin. Sayang teknologi ini belum cukup berkembang untuk bisa menjalankan mobil sepenuhnya dengan bahan bakar hidrogen. Tapi saya yakin hal itu akan segera terwujud.

Hidrogen sebagai gas sangat mudah menguap dan bisa menyebabkan terjadinya ledakan bila terlalu pekat. Masalah itulah yang muncul ketika menyimpan hidrogen dalam kendaraan yang melaju, itulah sebabnya kita menggunakan air. Sebagai cairan, tidak mungkin terbakar. Air terdiri dari dua bagian hidrogen dan satu bagian oksigen (H2O).

Dengan menambahkan arus listrik ke dalam air, terbentuklah gas HHO (sering disebut dengan gas hijau). Mobil membutuhkan oksigen untuk pembakaran dan mobil Anda sudah memiliki asupan udara bagi oksigen yang dibutuhkannya. Dengan memproduksi gas HHO dan memaparkannya pada sistem pembakaran yang ada, hidrogen digunakan sebagai bahan bakar dan oksigen menambah lingkungan pembakaran menjadi lebih kaya. Udara hanya mengandung 16-21% oksigen, jadi dengan memaparkan oksigen murni pada campuran, menjadikan sistem itu lebih efisien. lebih sedikit bahan bakar yang dibutuhkan karena hidrogen digunakan juga sebagai bahan bakar. Sekering digunakan untuk menghindari penumpukan gas hidrogen yang terlalu banyak, membuatnya sangat aman.

Hasil buangan dari pembakaran bahan bakar yang normal menghasilkan gas yang berbahaya, termasuk sejumlah besar karbon dioksida (CO2) dan meninggalkan kerak dalam mesin Anda. Menggunakan air sebagai bahan bakar menghasilkan produk buangan tanpa polusi, hanya air saja. Tak ada zat buangan tertinggal dalam mesin Anda. Kalaupun ada, air akan membersihkan dan melumasi mesin Anda.

Kalau saja kita semua mengkonversikan semua mobil di jalanan menjadi hibrida, maka alam akan menjadikan harga bahan bakar minyak kembali murah, mengurangi pemanasan global, menghirup udara yang lebih bersih dan meningkatkan mutu kehidupan kita sehari-hari, semuanya tanpa politisi, perusahaan minyak atau produsen besar mobil.

Anda dapat menemukan manual yang saya gunakan di http://UseH2OForFuel.com.

(Atau membeli terjemahannya di toko buku Gramedia)

----------

No comments: