Wednesday, September 3, 2008

Maaf, Cinta dan Bahagia

TIGA SERANGKAI HARMONI: MAAF, CINTA DAN HIDUP BAHAGIA

(MP 31).

Tujuan program latihan ini adalah untuk membuat Anda bersedia membuang beban negatif yang Anda pikul, dengan: ”Memaafkan, mencintai dan hidup bahagia.”

Persiapan:

1. Proses ini terdiri dari empat tahap:

Pertama, kalau Anda tetap mempertahankan sejumlah beban negatif, buanglah itu dengan melakukan Teknik Layar Putih, sebuah teknik untuk membersihkan emosi negatif.

Yang kedua adalah teknik memaafkan. Kalau Anda tetap terus mempertahankan beban negatif atau hati Anda telah membatu karena terlalu banyak menyimpan dendam dan tidak mau memaafkan, maka latihan ini tidak akan ada hasilnya.

Yang ketiga adalah menikmati getaran energi cinta di tangan Anda.

Yang keempat memancarkan cinta dan kebahagiaan keseluruh tubuh.

2. Satu-satunya persiapan lain adalah berada di tempat yang tenang dan menyediakan waktu untuk melakukan latihan ini.

Cara melakukan latihan ini:

1. BAGIAN PERTAMA:

Teknik Layar Putih. Sebelumnya, lakukanlah terlebih dahulu pembersihan beban pikiran dan emosi negatif dengan melakukan teknik layar putih berikut:

Visualisasikan sebuah papan tulis putih atau layar putih sebesar monitor TV di hadapan Anda. Jaga emosi Anda, bersikaplah netral. Ingatlah pengalaman traumatik, kekhawatiran, kejengkelan ataupun perasaan yang mengganjal serta perasaan negatif Anda yang lain, dalam imajinasi, lekatlah itu di layar, jangan terlalu kuat melekatkannya.

Bayangkan sebuah penghapus berwarna lembayung listrik. Dengan lembut hapuslah semua perasaan negatif tadi dari layar, jangan terburu-buru, bersabarlah. Setelah itu, ciptakan bentuk pikiran positif atau gambaran positifnya. Selanjutnya lakukan yang berikut ini:

2. Bagian KEDUA:

Memaafkan: Apa yang membuat kita terus mempertahankan kuat-kuat beban negatif kita adalah karena kita tidak mampu memaafkan diri kita sendiri maupun orang lain. Memaafkan dengan tulus dan sepenuh hati adalah zat pelarut yang bisa melepaskan jari-jari kita dari beban itu. Lepaskanlah beban dari pundak Anda.

  • Aktifkan cakra jantung Anda, kemudian aktifkan cakra mahkota, bayangkan seseorang yang pernah menyakiti hati Anda, angkat kedua tangan dalam posisi memberkati, dalam hati katakan :

“Dengan rahmat Tuhan dan dengan sepenuh hati, aku maafkan kamu, aku membebaskan kamu dari semua dendam dan kebencianku, sekarang kamu bebas! Kalau ada kesalahan yang dengan sengaja maupun tidak sengaja telah kulakukan terhadapmu, maafkanlah aku.

Aku memberkati kamu dengan maaf.

Damai menyertaimu ….., damai menyertaimu …..,
damai menyertaimu ….., damai menyertaimu …….,
terjadilah!”

b. Ulangi proses ini dengan membayangkan dan memaafkan orang berikutnya ………..
Lakukan terus sampai Anda sudah merasa cukup. Setelah itu katakan:

“Aku telah membuang dan melepaskan semua bebanku.
Aku memaafkan diriku, aku memaafkan semua orang yang telah menyakiti hatiku.
Sekarang Aku menjadi orang yang pemaaf.
Tuhan, terimakasih atas rahmat-Mu.”

3. BAGIAN KETIGA:

Cinta; Tangan yang terbiasa menahan beban negatif perlu diberi sesuatu yang baru (karena alam tidak menyukai kekosongan). Untuk mengisi tangan Anda, di alam raya ini tidak ada yang lebih baik dari pada cinta.

Pejamkan mata;

  1. Satukan kedua tangan Anda membentuk mangkuk seolah-olah Anda sedang membawa air di tangan. Dengan penuh kesungguhan, pandanglah tangan Anda. Bayangkan tangan Anda terisi dengan bola cahaya keemasan yang lembut dan hangat.
  2. Selama beberapa saat rasakan dan nikmati getaran energi bola keemasan itu di tangan Anda, kemudian gerakkan tangan Anda mendekat, seolah-olah Anda menaruh bola keemasan itu di depan jantung Anda, biar kedua tangan Anda menyentuh dada. Rasakan energi bola keemasan itu mulai mengalir ke jantung Anda.
  3. Terus pejamkan mata Anda, rasakan energi bola itu mengalir menuju jantung Anda. Nikmatilah itu. Begitu selesai, katakan:

“Aku mencintai diriku, aku mencintai semua orang, aku mencintai Tuhan.
Aku memaafkan semua orang yang menyakitiku, juga semua hal lainnya.
Aku berdamai dengan masa lalu.
Aku senang dengan saat sekarang ini.
Aku penuh dengan harapan pada masa depan.
Aku telah menerima cinta, kini aku memancarkan cinta, karena aku adalah cinta.”
Rasakan cinta bergetar di jantung Anda.

4.BAGIAN KEEMPAT:

Hidup bahagia selamanya; Tangan Anda penuh dengan cinta, sekaranglah saatnya memenuhi seluruh diri Anda dengan cinta.

  1. Tetap pejamkan mata, bayangkan bola keemasan itu mengembang dari jantung Anda memenuhi seluruh tubuh. Lihatlah tubuh Anda bersinar dengan cahaya keemasan, cahaya cinta, kesembuhan dan kebahagiaan. Tubuh Anda penuh terisi cinta, lebih sehat, berumur panjang dan lebih berkemampuan untuk menyediakan kehidupan yang bermutu bagi Anda. Akal budi Anda penuh terisi cinta, berkemampuan untuk menarik kepuasan, ketenteraman dan kebahagiaan. Jiwa Anda penuh terisi cinta, membuat semua yang ada di sekelilingnya bahagia. Ini semua adalah yang diinginkan Tuhan dan alam semesta bagi Anda.
  2. Sambil melakukan itu, katakan:

“Aku benar-benar terpusat pada saat sekarang.
Aku akan terus terpusat pada saat sekarang.
Terimakasih Tuhan, atas anugerah yang sangat berharga,
yaitu saat sekarang ini, saat yang penuh kebahagiaan.
Aku telah menerima kebahagiaan, kini aku memancarkan kebahagiaan, karena aku bahagia.”

Marilah kita berdoa:

Ya Tuhan, terimakasih karena Engkau telah membimbing kami sehingga kami mampu melepaskan semua beban negatif, dan mampu memaafkan.
Terimakasih pula karena Engkau telah memenuhi tubuh, akal budi dan jiwaku dengan cinta, ketenteraman dan kebahagiaan.
Dengan rasa syukur dan dengan penuh keyakinan. Terjadilah.

Program ini telah selesai. Setelah Anda lakukan ini, buatlah komitmen untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan paling tidak selama 15 menit dalam sehari. Waktu 15 menit ini tidak perlu sekaligus, bisa saja dibagi menjadi masing-masing 5 menit “bergembira” tiga kali sehari. Tujuannya adalah Anda harus melakukan sesuatu yang akan membuat Anda tersenyum atau tertawa. Karena senyum dan tawa menyebabkan reaksi kimia dalam tubuh yang bisa membuat Anda merasa lebih baik dan tetap bugar!

Agar berhasil baik, Anda harus membuat komitmen untuk melakukan latihan ini secara teratur selama 60 hari. Bila Anda melewatkan satu hari saja, Anda harus memulai lagi dari awal. Kalau Anda berhasil melampaui 60 hari, dijamin hidup Anda akan berubah menjadi lebih baik.

Contoh: Seorang kenalan yang menderita kanker mempunyai komitmen untuk melakukan latihan ini selama 60 hari karena dia menolak tubuhnya “dipotong, dibakar dan diracuni” dengan operasi, penyinaran dan kemoterapi. Pada akhir latihan, setelah mengikuti seluruh program dibarengi dengan nutrisi khusus dan penyembuhan alternatif, ada penurunan yang berarti pada ukuran kankernya. Dan akhirnya kankernya menghilang. Dengan demikian dia menjalani hidup baru dengan lebih bermutu. Sebelum Anda menderita seperti itu, minumlah sedosis cinta dan kebahagiaan setiap hari, dapat dipastikan Anda akan dijauhkan dari dokter.

Hukum pengampunan dan kasih-sayang sangat manjur untuk mengatasi penyakit, jadi tunggu apa lagi? Segeralah melakukan proses ini agar hidup Anda dipenuhi dengan keceriaan dan kebahagian, jauh dari penyakit dan selalu sejahtera. Anda juga bisa mengajarkan teknik ini pada teman dan pasien Anda sehingga kesembuhannya menjadi lebih cepat. Selamat mempraktekkannya!

———-

No comments: