Thursday, September 25, 2008

Pohon Kalpataru

POHON KALPATARU

Oleh: Sri Chinmoy

Seorang pemuda duduk berteduh di bawah sebuah pohon menghindari terik matahari di musim kemarau Untungnya atau sayangnya, pohon tempatnya berteduh adalah pohon Kalpataru, pohon yang akan mewujudkan apapun yang diinginkan, tetapi dia tidak menyadarinya.

Beberapa saat kemudian panas semakin menyengat dan dia berkata, “Alangkah nikmatnya kalau ada seseorang datang dan mengipasi aku!” Langsung saja seorang anak laki-laki datang dan mulai mengipasinya.

Pada awalnya dia sangat terkejut. Kemudian dia mulai berpikir bahwa apapun yang diinginkannya akan dikabulkan. Maka dia berkata, “Ini anak laki-laki. Aku tidak menginginkannya. Biar dia digantikan oleh seorang gadis yang cantik.” Segera saja muncul seorang gadis molek yang segera mengipasinya.

Tak lama kemudian dia berkata, “Sekarang aku ingin ada makanan lezat di sini, aku lapar.” Gadis itu pergi sebentar dan kembali membawa makanan. Dengan lahap dia memakannya, lalu berkata, “Oh, alangkah indahnya tempat ini. Tapi kenapa tidak ada seekor binatangpun di sini? Aku berada di hutan, tapi kenapa tidak ada binatang? Hutan seharusnya dihuni oleh binatang. Aku berharap paling tidak bisa melihat seekor harimau di hadapanku!” Seketika muncul seekor harimau, yang langsung memangsanya!

George Bernard Shaw pernah berkata, “Ada dua tragedi dalam hidup ini. Pertama, tidak memperoleh apa yang diinginkan, yang kedua, memperoleh apa yang diinginkan, seperti yang didapat pemuda ini!

----------

No comments: