Saturday, September 13, 2008

Yang putih yang hitam?

YANG PUTIH ATAU YANG HITAM?

(MP 12)
Seorang gembala sedang menggembalakan domba-dombanya. Ada seorang yang lewat berkata, “Engkau mempunyai kawanan domba yang bagus. Bolehkah saya mengajukan beberapa pertanyaan tentang domba-domba itu?”

“Tentu,” kata gembala itu. Orang itu bertanya, “Berapa jauh domba-dombamu berjalan setiap hari?” “Yang mana? Yang putih atau yang hitam?” “Yang putih” “Ah, yang putih berjalan sekitar enam kilometer setiap hari.” “Dan yang hitam?” “Yang hitam juga.”

Dan berapa banyak rumput mereka makan setiap hari?” “Yang mana? Yang putih atau yang hitam?” “Yang putih.” “Ah, yang putih makan sekitar dua kilo rumput setiap hari.” “Dan yang hitam?” “Yang hitam juga.” “Dan berapa banyak bulu yang mereka hasilkan setiap tahun?” “Yang mana? Yang putih atau yang hitam?” “Yang putih.” “Ah, menurut perkiraan saya, yang putih menghasilkan sekitar tiga kilo bulu setiap tahun kalau mereka dicukur.” “Dan yang hitam?” “Yang hitam juga.”

Orang yang bertanya menjadi penasaran.“Bolehkah saya bertanya, mengapa engkau mempunyai kebiasaan yang aneh, membedakan dombamu menjadi domba putih dan hitam setiap kali engkau menjawab pertanyaanku?” Gembala itu menjawab, “Tentu saja, yang putih adalah milik saya.” “Ooo, dan yang hitam?” “Yang hitam juga,” kata gembala itu.

Pikiran manusia membuat pengkotak-kotakan yang bodoh dan tidak bermanfaat, semua yang oleh Sang Maha Pencipta dilihat sebagai satu, dikotak-kotakkannya.

———-

No comments: