Tuesday, September 23, 2008

Keputusan Anda

Oleh: Ralph Marston

Semua suasana hati yang baik yang Anda rasakan sebenarnya merupakan keputusan Anda sendiri, demikian juga suasana hati tang buruk. Segala sesuatu yang Anda lakukan dengan penuh kemarahan juga merupakan keputusan Anda, demikian juga segala sesuatu yang Anda lakukan dengan cinta dan bela-rasa.

Menjadi efektif juga merupakan keputusan Anda, demikian juga dengan tindakan yang tidak bermanfaat. Menjadi sukses juga merupakan keputusan Anda. Menjadi bahagia juga merupakan keputusan Anda. Membuat perbedaan positif juga merupakan keputusan Anda. Akhirnya, hal yang paling mempengaruhi mutu kehidupan Anda juga merupakan keputusan Anda.

Ada banyak hal yang berada di luar kontrol Anda. Namun Anda sepenuhnya punya kontrol terhadap diri Anda sendiri maupun cara Anda menanggapi dunia di sekeliling Anda. Anda tidak bisa memutuskan cuaca akan menjadi seperti apa. Namun Anda bisa memutuskan untuk menikmati hidup, apakah sedang hujan, banyak angin ataupun sedang panas. Anda tidak dapat mengontrol ekonomi dunia ataupun kondisi pasar, namun Anda punya kontrol sepenuhnya pada bagaimana Anda memutuskan dalam merespon kondisi itu.

Kartu di tangan Anda tidak mempedulikan bagaimana Anda memainkannya. Putuskan untuk sukses. Putuskan untuk bahagia. Putuskan benar-benar untuk membuat perbedaan, dan Anda akan mewujudkannya.

----------

No comments: