Saturday, September 20, 2008

Enzym: Sumber Kehidupan

Oleh : D.A. Lopez, M.D, R.M. Williams, M.D, Ph.D & M.Miehlke, M.D.
(Pesan PHQandA no.608) (39)

Sistem enzyme merupakan sebuah komponen kehidupan yang amat penting bagi manusia, binatang, tumbuhan dan semua organisme mikro. Mereka hanya dapat dibentuk dari zat organik yang hidup.
  1. Enzyme dibutuhkan agar setiap sistem organ berfungsi secara normal. Mereka mengarahkan, mempercepat, merubah atau memperlambat semua fungsi tubuh, sesuai kebutuhan.
  2. Enzyme berperan sebagai tenaga kerja tubuh agar tubuh bisa melakukan semua fungsi yang dibutuhkan untuk kegiatan hidup kita sehari-hari dan dibutuhkan agar kita tetap hidup.
  3. Mereka bertanggung-jawab atas berfungsinya semua sistem organ dalam tubuh kita.
  4. Yang terpenting, mereka mendukung sistem pertahanan dan kekebalan tubuh kita, melindungi kita dari kekuatan yang membahayakan serta hal lain yang berbahaya bagi kesehatan kita.
  5. Kita membutuhkan enzyme bukan saja untuk makan, mencerna dan menyerap nutrisi kita, tetapi juga untuk melihat, mendengar, mencium, mencecapi, bernapas dan bergerak.
  6. Ezyme dibutuhkan darah dan sistem pengentalan kita, fungsi cardiovascular (jantung dan pembuluh darah), ginjal, hati, menghilangkan produk racun, pengeluaran, reproduksi, dan sebagainya.
  7. Mereka membantu membentuk sel-sel dan jaringan baru sesuai kebutuhan, serta membuang limbah kalau diperlukan.
  8. Bersama dengan sel kekebalan dan mediator, mereka membantu menghancurkan elemen yang berbahaya, seperti infeksi, polusi, penyebab kanker serta agen-agen berbahaya yang berkembang dalam tubuh, baik sebagai hasil metabolisme kita sendiri, ataupun dari paparan, asupan makanan dan minuman, penghirupan napas, penyerapan dan sebagainya. Mereka sejak awal menghilangkan sel-sel kanker yang berkembang dalam tubuh.
  9. Mereka sangat dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan yang rusak, mengontrol peradangan yang berlebihan, memberikan cairan yang dibutuhkan darah dengan tepat sehingga dapat mencegah terjadinya pengentalan, dan banyak lagi fungsi lainnya.
Mereka melakukan fungsinya sebagai biokatalisator zat yang tak habis digunakan selama berfungsi, tetapi mampu memilah zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh (nutrisi, elemen bekas pakai, protein tubuh, jaringan yang rusak dan sebagainya), dan kemudian menggunakan atau menggunakan kembali komponen yang dipilahnya tadi untuk membangun semua yang kita butuhkan. Enzyme adalah katalisator. Biokimia menggambarkan mereka sebagai "tenaga kerja tubuh" atau "energi kehidupan" bagi semua organisme. Kalau kegiatan enzyme terhenti, kehidupan berhenti dan orang atau organisme itupun mati!

Identifikasi dan klasifikasi

Sampai saat ini sudah lebih dari 1.500 jenis enzyme yang dapat diidentifikasi, dan banyak yang sudah berhasil diisolasi dalam bentuk murninya. Ratusan telah dikristalkan, dan bayak diantaranya diperdagangkan, baik untuk industri, kesehatan, kebugaran maupun kecantikan. Pengetahuan yang dicapai telah sampai pada kemajuan yang sangat besar, terutama dalam pemahaman tentang mekanisme kimiawi enzyme. Para ahli biokimia mengkategorikan enzym menjadi enam kelas utama dan sejumlah sub-kelas, tergantung pada jenis reaksi yang terjadi.

Kekurangan enzyme

Apa yang akan terjadi pada tubuh kita kalau kita kekurangan enzyme tertentu? Para ahli menemukan bahwa berbagai penyakit metabolisme sekarang diketahui disebabkan oleh kekurangan atau tidak berfungsinya enzyme. Sebagai contoh Albimisme (albino), sering kali disebabkan oleh tidak adanya tyrosinase, sejenis enzyme yang sangat penting untuk memproduksi pigmen selular. Kekurangan phenylalanine hydroxylase karena keturunan menyebabkan penyakit phenylketonuria (PKU) yang kalau tidak diobati akan menyebabkan keterbelakangan mental yang parah pada anak-anak.

----------

No comments: