Wednesday, September 24, 2008

Kejujuran II

KEJUJURAN

Dikutip dari buku Golden Rules, karya Wayne Dosick

Ketika Bobby berumur 5 tahun, dia diajak ayahnya pergi berkeliling naik mobil di pinggiran kota. Di sebuah perempatan, ayah Bobby terus saja melaju dan tidak mempedulikan lampu lalulintas yang sedang merah.
Bobby berkata: “Yah, di sekolah guruku mengajarkan bahwa kita harus berhenti di setiap lampu merah.”
Ayahnya menjawab, “Oh, jangan khawatir nak. Di jalan ini tidak ada kendaraan lain yang lewat, selain itu, di sekitar sini tidak ada polisi. Tidak seorangpun yang melihat kita melanggar rambu lalulintas.”

Ketika Bobby berumur 12 tahun, ibunya mengajaknya menonton film. Ketika mereka dalam perjalanan ke gedung bioskop, ibunya berkata: “Bobby, kalau nanti penjaga pintu bertanya berapa umurmu, bilang saja kalau kamu berumur sebelas tahun, akan aku belikan kamu tiket setengah harga untuk anak-anak.”

Ketika Bobby berumur enambelas tahun, dia mendengar ayahnya bicara di telpon dengan seorang akuntan, “Benar Charlie,” kata ayah Bobby, “Lupakan kalau aku pernah mengatakan padamu tentang pendapatan ekstra yang aku peroleh dari jual beli saham kemarin. Itu tidak tercatat di mana-mana, jadi kita tidak perlu membayar pajak lebih besar.”

Ketika Bobby berumur sembilan belas, dia masuk universitas. Dan enam bulan kemudian, orang tuanya menerima surat dari universitas:

Bapak dan Ibu Smith yang terhormat,
Dengan menyesal kami beritahukan kepada Anda bahwa anak Anda Bobby terpaksa kami keluarkan dari universitas karena dia telah melanggar peraturan, dia tertangkap basah menyontek dalam ujian semester.

Ibu Bobby menjerit, “Bobby menyontek dalam ujian? Bagaimana mungkin? Kami membesarkannya dalam rumah yang tenteram. Darimana dia belajar tidak jujur seperti itu?” Dan ayah Bobby menghela napas panjang, sambil menggelengkan kepala, dan dengan sedih bertanya: “Bagaimana mungkin Bobby tega melakukan hal seperti ini kepada kita?”
Orang yang punya etika berkata dengan sejujurnya, karena perkataannya berarti tanggung jawab, dan tanggungjawab adalah kehormatan.

Ajarilah anak-anak Anda berkata jujur sambil Anda sendiri menjaga ucapan Anda. Ketika anak-anak Anda belajar mengatakan kebenaran, maka mereka akan terhindar dari dipermalukan oleh kebohongan mereka sendiri. Ketika anak-anak Anda belajar berkata jujur, maka mereka tidak akan terperangkap oleh dustanya sendiri.

----------

No comments: