Tuesday, September 16, 2008

Plastik #3: PVC atau V

Disadur dari posting Chad Norman yang dimuat di http://www.gogreencharleston.org/, tgl 30 Oktober 2007.

Polyvinyl Chloride (PVC atau V), juga dikenal sebagai plastik #3, sangat jarang dijumpai sebagai plastik keperluan rumah tangga. Hanya 2% dari semua wadah plastik terbuat dari PVC, plastik jenis ini secara tidak sengaja ditemukan pada tahun 1800-an.

Bahan apa yang digunakan untuk membuatnya?
PVC adalah Polyvinyl Chloride - Rumus molekulnya adalah (-CH2-CHCl-)n. Ini merupakan resin yang liat dan keras yang tidak terpengaruh oleh zat kimia lain.

Digunakan untuk apa saja?
PVC dapat dijumpai pada tanda lalu lintas, botol minyak goreng, kabel listrik, botol pembersih kaca, mainan, botol shampoo, pipa air, kemasan kerut, dan kemasan makanan cepat saji.

Dapatkah itu di daur ulang di tempat?
Tidak, sayangnya, plastik #3 ini tidak dapat di daur ulang di tempat daur-ulang setempat. Mudah-mudahan hal ini tidak berlangsung lama. Sementara ini, kalau mungkin, jangan menggunakannya, atau kalau terpaksa menggunakannya, pakailah yang bekas.

Seperti apa wujudnya?
PVC ini tipis, transparan, dan ringan, tetapi juga halus dan tidak tahan lama. Oleh sebab itu Anda dapat menjumpainya dalam bentuk kemasan blister, dan kotak makanan dan bungkus sekali buang. Berikut ini dapat Anda lihat contohnya:

Apa pentingnya hal ini?
Sekali plastik diciptakan, maka akan tetap ada dalam waktu yang sangat lama. Mungkin hal terbaik untuk menyingkirkan PVC (di kebanyakan tempat PVC tidak bisa di daur-ulang). Yang terbaik adalah menghindari produk yang menggunakan plastik jenis ini sebagai kemasan. Program daur-ulang seharusnya diperluas dan memasukkan semua jenis resin plastik, sehingga PVC termasuk didalamnya, sehingga benda seperti kabel, lantai, panel dan alat pengikat dapat di daur-ulang. Kedengarannya menjemukan, namun mengurangi pengaruh kita dengan segala cara yang memungkinkan merupakan cara yang nyata untuk mempertahankan masa depan. Kita harus menggunakan lebih sedikit, dan mendaur-ulang lebih banyak.

Ingin tahu lebih banyak?
Seperti biasa, Anda bisa memperoleh pengetahuan lebih banyak tentang PVC baik di Wikipedia maupun Earth Odyssey.

----------

No comments: