Sunday, November 2, 2008

Apakah Dot Membahayakan?

APAKAH DOT BAYI MEMBAHAYAKAN KESEHATAN?
Gunakan dot bebas lateks dan silikon untuk bayi Anda.


Apakah dot yang Anda berikan kepada bayi Anda akan membahayakan kesehatannya nanti?

Bayi dapat mengisap dot (atau banyak orang yang menyebutnya dengan ngempeng) selama berjam-jam dan meredakan gatal di gusi dan menyibukkan mulutnya yang kecil itu sebelum saat makan tiba. Sebuah dot memberikan rasa aman bagi seorang anak dan memberikankan saat tenang bagi orang tuanya. Berdasarkan riset atas efek negatif plastik, apakah sebaiknya anak-anak kita menggunakan dot lateks selama beberapa jam dalam sehari? Sangat aman bagi seorang anak untuk menghabiskan tahun-tahun pertama mereka menghisap sesuatu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan di masa depan?

Tidak seorangpun benar-benar yakin atas pengaruh kesehatan pada seorang anak yang menghisap dot walaupun tetap ada pesan peringatan yang diberikan oleh dokter anak kepada setiap orang tua tentang pengaruh jangka panjang yang mungkin terjadi akibat pengaruh sebuah dot. Para dokter anak sulit meyakinkan bahwa bahan yang digunakan untuk membuat dot itu kebanyakan adalah silikon atau lateks.

Dalam berbagai jurnal medis, lateks disebut sebagai zat yang membahayakan kesehatan karena menyebabkan alergi. Banyak orang yang alergi pada lateks dan orang tua pada umumnya mendapati alergi yang pertama kali muncul pada anak mereka ketika mereka mulai memberikan dot yang mengandung lateks. Lateks juga digunakan pada berbagai peralatan sehari-hari seperti ban mobil, pakaian dan bahkan cat.

Secara luas silikon digunakan pada produk peralatan makan yang dipasarkan sebagai peralatan masak anti lengket yang muncul dengan warna-warni yang cerah. Dalam riset, peralatan masak ini dicurigai telah merembeskan zat kimia ke dalam masakan, kemudian ke dalam tubuh, dan ini dikhawatirkan merupakan penyebab kanker dan sampai saat ini penelitian masih terus dilakukan secara intensif.

----------

1 comment:

infogue said...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/apakah_dot_bayi_membahayakan_kesehatan_

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!