Wednesday, January 7, 2009

Pompa Air

Ada seorang pria yang memiliki pompa air. Pada seorang temannya dia berkata: “Pompa air ini akan memberimu semua air yang kamu butuhkan. Nih, kuberikan kepadamu.” Teman itu menerima dengan sangat gembira, karena dia merasa haus dan perlu air untuk menyiram kebunnya yang mulai kering.

Keesokan harinya pria itu singgah lagi. Temannya menyalahkannya, “Pompa ini tidak memberi air sedikitpun. Kamu bohong!”
Pria itu bertanya, “Apa kamu sudah mencolokkannya ke listrik?”
“Belum.”
“Colokkan saja dan kamu akan memperoleh air yang kamu butuhkan.”

Keesokan harinya pria itu mampir lagi untuk melihat apa yang dilakukan temannya. “Kamu bohong lagi.” kata temannya. “Aku sudah mencolokkannya ke listrik dan air tidak keluar juga.”
“Apakah kamu sudah memasang pipa ke sumur sehingga pompa itu bisa menarik air dari situ?”
“Belum.”
“Pasang pipa masuk ke dalam sumur dan pompa ini akan memberi air yang kamu perlukan.”

Keesokan harinya pria itu mampir lagi dan sekali lagi temannya mengeluh, “Kamu bohong, aku tetap tidak punya air.”
“Apa kamu sudah memancing pompa itu dengan air?”
“Belum.”
“Pancing pompa dengan menuang air ke dalamnya dan kamu akan segera menikmati air.”

Hari berikutnya pria itu berkunjung lagi dan temannya nampak girang karena air yang dimikinya. Pria itu bertanya, “Bukankah aku mengatakan yang sebenarnya?”
“Ya.” Kata temannya.
“Lalu kenapa kamu bilang aku pembohong?”
“Karena kelihatannya seperti itu; Aku tidak sadar bahwa kebodohankulah yang membuat apa yang kamu katakan nampak seperti kebohongan bagiku.”

----------

No comments: