Wednesday, September 3, 2008

Penanganan Demam Berdarah

PENANGANAN DEMAM BERDARAH DAN TIPUS

Informasi medis

Demam berdarah merupakan salah satu infeksi arbovirus yang paling umum muncul di daerah tropis dan subtropis diseluruh dunia. Infeksinya disebarkan oleh nyamuk, menyebabkan demam, pembengkakan dan perdarahan di simpul kelenjar getah bening. Juga menyebabkan rasa sakit yang sangat di otot dan persendian. Penyakit yang bisa berakibat fatal ini sering kali diderita oleh anak di bawah umur 10 tahun, dan infeksinya bisa kambuh lagi pada tahun berikutnya. Biasanya gejala awalnya ditandai dengan sakit kepala, rasa kantuk, dan demam. Muntah dan sakit leher juga merupakan pertanda adanya infeksi di otak dan syaraf tulang belakang. Gemetar, bingung dan sawan kadang timbul dengan sangat cepat. Kadang-kadang lengan dan tungkai bisa menjadi lemah. Tidak ada penanganan kusus untuk penyakit ini. Perawatannya secara umum adalah suportif. Seorang dokter mencoba mempertahankan fungsi jantung dan paru-parunya ketika infeksinya perlahan-lahan mereda.

Perawatan Prana

  1. Lakukan penyapuan umum dengan hijau mkp.
  2. Bersihkan solar plexus depan dan belakang, pusar dan daerah perut berselang seling dengan warna hijau mkpp dan lembayung mkp. Berikan energi Hijau mkpp, biru mkp dan lembayung mkp. Penekanan perawatan lebih pada penyapuan.
  3. Sapu cakra limpa depan dan belakang dengan Hijau mkp. Beri energi hijau mkpp dan lembayung mkp. Pemberian energi pada limpa hanya boleh dilakukan oleh penyembuh prana yang berpengalaman.
  4. Bersihkan cakra jantung depan dan belakang, beri energi lembayung mkp pada cakra jantung belakang.
  5. Bersihkan paru-paru. Beri energi paru-paru bagian belakang dengan hijau mkp, oranye mkp dan lembayung mkp.
  6. bersihkan cakra dasar, beri energi putih atau merah mkp. Jangan beri energi ke cakra dasar kalau pasien demam.
  7. Bersihkan cakra minor lengan dan tungkai. beri energi merah mkp atau lembayung muda mkp. Bila pasien demam beri lembayung mkp, ini hanya boleh diberikan sekali dalam sehari.
  8. Bersihkan cakra tenggorokan. Berikan energi hijau mkp, biru mkp kemudian lembayung mkp.
  9. Bersihkan cakra mahkota, dahi, ajna dan belakang kepala. Beri lebih sedikit Hijau mkp dan lebih banyak lembayung mkp.

Catatan: mkp = muda keputih-putihan.

----------

No comments: