Tuesday, September 16, 2008

Plastik #7: Plastik Lainnya

Disadur dari postingan Chad Norman yang dikirim tanggal 30 Januari 2008.

Anda harus mebgamati dengan seksama agar dapat menemukan sesuatu yang berlabel plastik #7. Ketika menjumpai kode identifikasi plastik #7, kode yang dicadangkan bagi bahan yang dibuat dari plastik campuran, atau lainnya. Oleh sebab itu sangat jarang ditemukan kode plastik #7 ini. Plastik jenis ini tidak dapat didaur-ulang, jadi mengapa harus menggunakannya?

Bahan apa yang digunakan untuk membuatnya?
Paling sering, produk dengan label #7 terbuat dari campuran dua atau lebih jenis plastik (#1 sampai #6). Kadang kala label #7 mengindikasikan bahwa bahan baku resinnya tidak diketahui.

Digunakan untuk apa saja?
Bisa jadi untuk segala macam benda, namun paling sering akan Anda jumpai plastik #7 digunakan dalam industri minuman ataupun makanan

Dapatkah itu di daur ulang di tempat?
Sayangnya tidak, plastik #7 tidak dapat didaur-ulang dengan cara tradisional, karenanya carilah alternatif lain.

Seperti apa wujudnya?
Karena bisa dibuat dari apa saja, dia bisa berbentuk apa saja. Saya sudah mengumpulkan berbagai macam plastik selama beberapa minggu, tetapi hanya menemukan dua benda yang berlabel plastik #7.

Apa pentingnya hal ini?
Sekali diciptakan, maka plastik akan tetap ada dalam waktu yang sangat lama. Kita harus menolak menggunakan benda yang berlabel plastik #7. Sebagai pelanggan, kita harus menutup celah untuk mendorong industri daur-ulang, itu berarti juga membeli produk hasil daur-ulang.

Ingin tahu lebih banyak?
Saya temukan halaman menarik di Recycle Now dan Earth Odyssey.

----------

No comments: