Wednesday, September 24, 2008

Gadis Kecil & Kotak Emas


GADIS KECIL DAN KOTAK EMAS

Oleh : Ana Lucia (MP 18)

Di sebuah keluarga miskin, seorang ayah tampak kesal pada anak perempuannya yang berusia tiga tahun. Anak itu baru saja menghabiskan uang untuk membeli kertas kado emas untuk membungkus sekotak kado.

Keesokan harinya, gadis kecil itu memberikan kado itu sebagai hadiah ulang tahun pada sang ayah. “Ini untuk ayah,” kata anak gadis itu.

Sang ayah tak jadi marah. Namun ketika ia membuka kotak dan mendapatkan kotak itu kosong, meledaklah kemarahannya. “Apa kamu tidak tahu, kalau kamu memberi kado pada seseorang, kamu harus menaruh sesuatu dalam kotak ini!”

Gadis kecil itu menatap ayahnya dengan mata berkaca-kaca, sambil terisak-isak ia berkata “Ayah, sebenarnya aku telah meletakkan sesuatu ke dalam kotak itu.”

“Apa yang kau letakkan ke dalam kotak ini? Apa kamu tidak melihat kalau kotak ini kosong?” bentak ayahnya.

“Ayah, sungguh aku telah meletakkan ribuan ciuman untuk ayah ke dalam kotak itu,” bisik anak perempuan itu. Sang ayah terperangah mendengar jawaban gadis kecilnya. Ia lalu memeluknya erat-erat dan merasa sangat menyesal.

Konon, pria itu selalu menaruh kotak kado itu di pinggir tempat tidurnya sampai akhir hayatnya. Kapan pun ia mengalami kekecewaan, marah atau beban yang berat, ia membayangkan ada ribuan ciuman dalam kotak yang mengingatkannya pada cinta anak perempuannya.

Dan sesungguhnya, kitapun telah menerima sebuah kotak emas penuh berisi cinta tanpa pamrih dari orang tua, pasangan, anak, teman dan sahabat kita. Tak ada yang lebih indah dan berharga dalam hidup ini selain cinta.

----------

No comments: